KPU Keluarkan Pedoman Dapil dan Kursi DPRD Pemilu 2014

Surel Cetak PDF

66PEMILU 2014Jakarta - KPU mengeluarkan pedoman tentang penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota melalui Peraturan KPU (PKPU) No5/2013. Peraturan itu akan menjadi basis bagi KPU untuk menentukan total jumlah kursi DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang diperebutkan dalam Pemilu 2014.
"Peraturan ini dikeluarkan 18 Februari 2013. Rencananya pada 9 Maret 2013, kita akan umumkan total dapil dan alokasi kursi DPRD yang diperebutkan di setiap daerah," kata Komisioner KPU Ferry Rizkiyansah di Jakarta, Selasa (26/2).

Ia menyebutkan, untuk menentukan banyaknya kursi atau daerah pemilihan, KPU bakal menggunakan data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) hasil pendataan Kemendagri yang berjumlah 251 juta jiwa. 


KPU meminta setiap KPUD Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mendata berapa detail jumlah penduduk di wilayah mereka. "Para KPUD akan melaporkan hasilnya ke KPU pada 1-2 Maret 2013," ungkapnya.
Ferry menyebutkan, PKPU tersebut sudah disosialisasikan kepada seluruh KPU di tingkat propinsi, kabupaten dan kota. Nantinya, mereka melapor kepada KPU Pusat sesudah melakukan konsultasi publik di daerah masing-masing. 
"Sudah disosialisasikan kepada KPU Provinsi, Kabupaten/Kota sudah, dan sedang melakukan konsultasi publik di daerah masing-masing," ujarnya.
Di antara ketentuan Dapil yang penting adalah, dalam Pasal 10 disebutkan jumlah kursi DPRD Provinsi ditetapkan paling sedikit 35 dan paling banyak 100 kursi. Provinsi dengan jumlah penduduk sampai dengan 1 juta jiwa memperoleh alokasi 35 kursi. 
"Sementara, provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 11 juta jiwa memperoleh alokasi 100 kursi," ungkapnya.
Sementara jumlah kursi setiap dapil anggota DPRD Provinsi paling sedikit 3 dan paling banyak 12 kursi. 
Apabila satu kabupaten/kota tidak dapat membentuk Dapil anggota DPRD Provinsi karena kurang dari 3 kursi, maka harus digabung dengan satu atau beberapa kabupaten yang berbatasan langsung, sehingga menjadi satu dapil dengan alokasi kursi mendekati atau sama dengan 12.

 

 

Sumber : Metrotvnews.com , beritapemilu.com