KPU Kabupaten Subang Selenggarakan Rapat Koordinasi Rekapitulasi Pemutakhiran DPB Periode Triwulan II 2021

Surel Cetak PDF

WhatsApp Image 2021-06-30 at 07.56.16Selasa, 29 Juni 2021, pada pukul 14.00 WIB KPU Kab. Subang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Rekapitulasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk Periode Triwulan II 2021. Rapat Koordinasi ini dilaksanakan secara online, mengingat status pandemi akibat persebaran Covid-19 kembali tinggi di wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Subang.

Selain dihadiri oleh jajaran Komisioner KPU Kab. Subang, rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan stakeholders seperti Disdukcapil Kab. Subang, Bakesbangpol Kab. Subang, Kasat Intelkam Polres Subang, Lapas Kelas IIA Subang, Dispemdes Kab. Subang, serta beberapa partai politik di Kab. Subang.

Pada awal pembukaan rapat, disampaikan oleh Suryaman selaku Ketua KPU Kab. Subang pada sesi sambutan bahwa saat ini untuk mencapai keakuratan data pemilih, KPU Kab. Subang tidak hanya bekerjasama dengan Disdukcapil, namun juga bekerjasama dengan instansi-instansi lain seperti Dispemdes, serta berkoordinasi dengan Kodim dan Polres.

Rapat Koordinasi kali ini dipimpin oleh Ratih Yeti selaku Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan yang kali ini mewakili Abdul Muhyi selaku Ketua Divisi Program, Data dan Informasi, yang berhalangan hadir. Disampaikan oleh Ratih Yeti bahwa pada rekapitulasi data pemilih pada triwulan II dihasilkan data sebagai berikut, jumlah pemilih sebanyak 1.181.480 orang dengan rincian jumlah pemilih laki-laki sebanyak 583.099 orang dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 598.381 orang. Hasil rekapitulasi ini tertuang pada Berita Acara Nomor: 174/PL.02.1-BA/3213/KPU-Kab/VI/2021 tentang Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 Periode Triwulan II, yang ditandatangani oleh seluruh komisioner KPU Kab. Subang.

Dalam kesempatannya, Ratih Yeti menyampaikan bahwa kerjasama dengan beberapa stakeholders bertujuan untuk melindungi data pemilih di Kab. Subang.

“Untuk melindungi data pemilih, telah dilakukan berbagai upaya dengan bekerjasama dan berkoordinasi dengan berbagai lembaga seperti Disdukcapil, Dispemdes, jajaran Pemkab, Kepolisian, serta turun langsung ke desa-desa dengan bantuan relawan yang tergabung dalam KOPDALIH. Upaya tersebut bertujuan untuk mendapatkan data pemilih yang lebih akurat”, jelasnya.

Di ujung acara, beberapa saran dan pertanyaan disampaikan oleh para peserta rapat yang bertujuan untuk mendukung proses pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Subang, agar ke depannya data pemilih yang dimiliki oleh KPU Kab. Subang dapat terjaga keakuratannya, guna mendukung sukses pemilu, pilpres, dan pilkada di tahun 2024.