Kunjungan Kerja KPU Kabupaten Subang ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Subang

Surel Cetak PDF

WhatsApp Image 2021-05-03 at 21.40.01Senin, 3 Mei 2021, KPU Kabupaten Subang yang diwakili oleh Ketua KPU Kabupaten Subang bersama Komisioner Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM; Komisioner Divisi Data dan Informasi; beserta jajaran, melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Subang. Kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka upaya KPU Kabupaten Subang untuk melakukan koordinasi dan kerjasama terkait upaya peningkatan literasi masyarakat terkait kepemiluan.

Dalam kunjungannya, Ketua KPU Kabupaten Subang menyampaikan bahwa di tahun 2024 akan dilaksanakan pemilu dan pilkada, sehingga diperlukan langkah-langkah persiapan yang lebih matang. Salah satu persiapan yang dilaksanakan adalah melaksanakan sosialisasi ke masyarakat. Kunjungan ini juga sebagai tindak lanjut dari arahan KPU RI agar seluruh KPU Kab/Kota melakukan koordinasi ke Disarpus terkait peningkatan literasi masyarakat. Komisioner Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM menilai bahwa saat ini literasi kepemiluan di Subang sangat minim, sehingga harapannya ada kerjasama kelembagaan untuk meningkatkan literasi kepemiluan.

Dalam kesempatannya, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan beserta jajarannya, disampaikan bahwa Disarpus memiliki program-program berkenaan dengan perannya, diantaranya saat ini telah ada kelompok-kelompok Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang tersebar di 37 wilayah di Kab. Subang, yang bisa menjadi media untuk memberikan informasi dan literasi ke masyarakat. Di samping itu juga tersedia mobil keliling yang bisa menjangkau sampai ke desa-desa, yang difasilitasi oleh pustakawan-pustakawan terbaik dan Gerakan Literasi Sekolah hasil kerjasama dengan Dinas Pendidikan.

Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyampaikan bahwa secara prinsip Disarpus siap bergerak untuk menerima permintaan kerjasama dan koordinasi tersebut, sebagai fasilitator kepada masyarakat melalui program-programnya dengan tetap mengacu pada referensi materi yang diberikan oleh KPU sebagai lembaga negara yang menangani kepemiluan.

Selain itu disampaikan bahwa KPU Kab. Subang juga dapat memanfaatkan media literasi digital dengan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Subang, untuk dapat memberikan infomasi dan literasi terkait kepemiluan.

Kunjungan kerja yang dilakukan dalam rangka koordinasi sekaligus silaturahmi ini diharapkan akan dapat ditindaklanjuti dengan kerjasama yang lebih serius dalam bentuk MoU, yang diserahkan kepada KPU Kabupaten Subang untuk teknis pelaksanaannya. Sehingga diharapkan akan tercipta sinergitas di antara kedua instansi dalam hal literasi kepemiluan sebagai salah satu langkah mewujudkan kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2024.