Rapat Koordinasi Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tingkat Kabupaten Subang Triwulan I 2021

Surel Cetak PDF

rakor dpb maretSenin, 29 Maret 2021, pada pukul 14.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tingkat Kabupaten Subang, untuk periode Triwulan I Tahun 2021 di bulan Maret. Kegiatan ini dilakukan secara daring oleh para partai politik di Kabupaten Subang dan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan, yang dihadiri langsung oleh para perwakilan lembaga-lembaga terkait, seperti Bawaslu Kabupaten Subang, Dinas Dukcapil Kabupaten Subang, Badan Kesbangpol Kabupaten Subang, Polres Subang, dan juga KOPDALIH.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai amanat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 bahwa KPU berkewajiban melakukan pemutakhiran data pemilih serta implementasi dari Surat KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 tanggal 4 Februari 2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Subang, Bapak Suryaman menyampaikan bahwa kegiatan rutin ini bertujuan sebagai wadah diskusi dengan para stakeholder dan implementasi dari Surat KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 tanggal 4 Februari 2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, bahwa KPU wajib memelihara data pemilih secara berkelanjutan, melakukan pemutakhiran, serta menyandingkan data dengan data pemilih tetap (DPT) pada pemilih terakhir. Selain itu, sehubungan dengan rencana pelaksanaan pemilu di tahun 2024, Bapak Suryaman menyampaikan agar partai politik dapat mempersiapkan sejak dini.

Hadir sebagai pemimpin jalannya Rapat Koordinasi DPB, Bapak Abdul Muhyi, Komisioner KPU Kabupaten Subang selaku Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, menyampaikan bahwa pada prinsipnya, selain sebagai sarana untuk mengumumkan Daftar Pemilih Berkelanjutan kepada stakeholder, kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk berkoordinasi dalam rangka mempersiapkan pemilu 2024, sinergitas dengan stakeholder, serta sebagai sarana evaluasi terkait kelebihan dan kekurangan dalam DPT pada pemilu sebelumnya. KPU Kabupaten Subang juga berkomitmen untuk selalu memutakhirkan data pemilih melalui kerjasama dengan KOPDALIH yang secara aktif terus berupaya memberikan masukan data TMS.

Dalam kesempatannya perwakilan Bawaslu KPU Kabupaten Subang menyampaikan bahwa pemutakhiran merupakan ikhtiar bersama untuk menjaga data pemilih agar saat pemilu data pemilih semakin baik dan valid, dan Bawaslu akan selalu melakukan pengawasan terhadap proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Subang. Sementara itu perwakilan Dinas Dukcapil dan Polres Subang, menyatakan dukungannya terhadap KPU Kabupaten Subang untuk melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang berkualitas dan akan berkomitmen mengawal proses tahapan pemilu tahun 2024.

Di akhir acara Bapak Abdul Muhyi membacakan hasil rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 periode Bulan Maret Tahun 2021, dengan jumlah pemilih sebanyak 1.179.554, dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 582.159 dan pemilih perempuan sebanyak 597.395. Adapun sumber data rekapitulasi ini, KPU Kabupaten Subang menerima masukan data dari Dinas Dukcapil Kabupaten Subang, Relawan KOPDALIH, serta tanggapan dan masukan masyarakat. Hasil rekapitulasi ini tertuang dalam Berita Acara Nomor: 97/PL.02.1-BA/3213/KPU-Kab/III/2021 tentang Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 Periode Bulan Maret.