Kunjungan Kerja KPU Kab. Subang ke DPC PDIP Perjuangan dan DPD Partai Nasdem dalam Rangka Tindaklanjut Usulan Pergantian Antar Waktu ( PAW )

Surel Cetak PDF

kunjungan ke pdip kunjungan ke  nasdem

Jumat, 19 Maret 2021 telah dilaksanakan kunjungan kerja KPU Subang ( Komisioner dan Staf ) ke kantor DPC PDI Perjuangan dan DPD Partai Nasdem. Kunjungan ini dilakukan sebagai tindaklanjut surat permohonan pergantian Antar waktu anggota DPRD Kabupaten Subang sekaligus koordinasi dan klarifikasi persyaratan Pergantian Antar Waktu (PAW) yang diajukan oleh kedua partai politik tersebut.

Hal ini Sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan UU Nomor 13 Tahun 2019, dan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penggantian Antar Waktu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, PAW Anggota DPRD merupakan proses penggantian anggota dewan yang berhenti antar waktu untuk digantikan oleh calon pengganti antar waktu yang menduduki perolehan suara terbanyak berikutnya, dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama dan dapil yang sama.

Kunjungan Kerja KPU Kab. Subang tersebut diterima oleh masing masing Pengurus Partai dan turut hadir calon PAW yg diusulkan oleh partai sesuai dengan urutan kedua perolehan suara terbanyak, untuk menunjang proses tersebut.

Acara diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Ketua KPU Kab. Subang Bapak Suryaman dan penjelasan dari Ketua Divisi Teknis, Bapak Ahmad Koncara, terkait proses dan mekanisme PAW. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaian dari perwakilan PDI Perjuangan dan Partai Nasdem.
Koordinasi dan klarifikasi yang dilakukan meliputi persyaratan dokumen yang diperlukan untuk proses PAW dan alasan pengusulan PAW.

Budaya baru yang diciptakan KPU Kab. Subang ini juga diharapkan akan menjadi pondasi awal untuk mempererat sinergi KPU Kab. Subang dengan para partai politik peserta pemilu. KPU Subang juga berkomitmen untuk melaksanakan prosedur PAW sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.
Saat ini proses PAW juga telah didukung dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Manajemen PAW (SIMPAW) yang diharapkan akan memudahkan dan menjadi langkah untuk mentransparansikan seluruh alur dan mekanisme dalam proses PAW, sehingga publilk juga dapat mengetahui berjalannya proses tersebut.