Penyebab Caleg Mundur

Surel Cetak PDF

 

altSUBANG – Sedikitnya ada 6 bacaleg dari Partai Bulan Bintang (PBB) yang mengundurkan diri. Menurut Ketua DPC PBB Kabupaten Subang, Rohman Hadi disebabkan ketidaksiapan dari calon dalam mengurus persyaratan dalam pencalonan.
Kata Rohman diantaranya ialah kesulitan memenuhi syarat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) karena legalitas data-data harus yang lengkap diantaranya akte kelahiran, kartu keluarga dan ijazah dari SD sampai ijazah (pendidikan) terakhir. "Sedangkan untuk keterangan Pengadilan dasarnya SKCK. Akhirnya kader kami tidak melanjutkan pencalonan. Artinya mundur dari pencalonan," ujarnya kepada Reporter Jabar disela-sela kegiatan pemenuhan kelengkapan pesrayaratan di KPU Kab Subang, Selasa (31/7/2018).

Kemudian kata Rohman, pihaknya menyesalkan datangnya juklak dan juknis ditengah-tengah pendaftaran. "Bukan diawal. Ketika setelah berjalan sekitar satu minggu KPU baru mengeluarkan juklak dan juknis tentang pencalonan otomatis kita punya waktu sekitar lima atau enam hari sedangkan amanat KPU sendiri (memberikan) kurang lebih 10 hari untuk pemberkasan," bebernya.
altLalu kata dia menyesalkan adanya kebijakan kelonggaran persyaratan keterangan kesehatan rohani atau MMPI diberlakukan 2-3 hari menjelang batas akhir. Sebelumnya untuk keterangan kesehatan rohani harus dari RSUD Subang tetapi kemudian diperlonggar bisa dari keterangan kesehatan rohani dari dokter.

Sementara itu dikatakan Komisioner Divisi Program dan Data Suryaman sebagaimana disampaikan Petugas Silon KPU, Rohendi mangatakan mengenai keringanan yang diberlakukan karena mempertimbangkan banyaknya anggota legislatif yang harus dilayani di RSUD Subang sedangkan batas akhir untuk melengkapi sangat mepet.