Kasus PPK Cipunagara, KPU Masih Tunggu Rekomendasi Panwaslu

Surel Cetak PDF

MAMANSUBANG - Mengenai kasus dugaan pembukaan kotak suara secara ilegal oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kecamatan Cipunagara hingga saat masih ditangani oleh Panwas dan Gakumdu Kabupaten Subang.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Subang, Maman Suparman pihaknya masih menunggu hasil rekomendasi dari Bawaslu dalam hal ini Panwaslu Kabupaten Subang. “Sejauh ini (kami) masih menunggu kajian Bawslu atau Panwaslu Kabupaten Subang,” ungkapnya, Senin (9/7/2018).

Kemudian kata Maman mengenai rekomendasinya bisa berupa peringatan, peringatan keras atau pemberhentian. Hingga kini pihaknya masih menunggu.

“Belum ada rekomendasi (dari Panwaslu),” imbuhnya singkat.

Pihaknya siap akan menindaklanjuti hasil kajian Bawaslu atau Panwaslu Kabupaten Subang.

Dari komunikasi informal dengan Panwas, kata Maman sekarang pihak Panwaslu sudah memanggil pihak-pihak terkait untuk mengumpulkan keterangan.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan Pemungutan Suara Ulang ataupun Penghitungan suara ulang, Maman menyebutkan sesuai dengan aturan yang ada hanya bisa dilakukan ‎jika pelanggaran pembukaan kotak suara dilakukan pada saat sebelum atau sesudah pemungutan suara. “Sedangkan yang terjadi adalah pembukaan kotak suara di PPK,” katanya.