KPU Tetap Hormati Hak Politik Semua PIhak

Surel Cetak PDF
Pembacan_Perhitungahn_Rekapitulasi_Suara_Pilkada.jpgSUBANG - Saksi Pasangan Calon Bupati dan Wakli Bupati Subang Imas-Sutarno dan Dedi-Budi melakukan walk-out. Mereka sebelumnya  menyerahkan temuan dugaan pelanggaran yang kemudian diterima oleh Komisioner KPU Kabupaten Subang. Komisioner KPU Kab Subang, Ahmad Koncara menyebutkan pihaknya mengapresiasi kedatangan Paslon yang datang ke Rapat Rekapitulasi, begitu juga dengan kedatangan para saksinya. "Termasuk (mereka untuk melakukan walk-out. Kami tidak bisa menghalang-halangi (hak politik) mereka," ujarnya, Rabu (4/7/2018).‎

Kata Ahmad aksi walk-out tidak akan mengganggu proses tahapan. "Kalau pun ada temuan atau permasalahan itu ada jalurnya," imbuhnya.
 
Hasil penetapan pemberitahuan penghitungan rekapitulasi perolehan suara Calon Gubernur Jawa Barat pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi mengungguli ‎dengan perolehan suara sebanyak 346.216 suara.‎ Kemudian suara pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruhazhul Ulum 217.827 suara, pasangan Sudrajat - Syaikhu 117.844 suara dan pasangan Tb Hasanudin - Anton Charliyan 103.300 suara.

Dengan suara yang masuk sebanyak 825.203 suara yang terdiri dari 785.187 suara sah dan 40.016 suara tidak sah.
 
Sedangkan untuk hasil penetapan penghitungan rekapitulasi suara Bupati dan Wakil Bupati Subang hasilnya ialah: pasangan Ruhimat - Agus sebanyak 310.361 suara, kemudia pasangan Imas - Sutarno sebanyak 232.273 suara dan pasangan Dedi - Budi sebanyak 235.911 suara. Jumlah suara yang masuk sebanyak 825.076 ‎yang terdiri dari 778.545 suara sah dan 46.531 suara tidak sah.
 
Kata Ahmad Koncara hasil yang sekarang diumumkan adalah bukan penetapan hasil. "Untuk penetapan hasil resminya menunggu 3 hari untuk menunggu ada tidaknya sengketa," ujarnya.

KPU belum menetapkan pemenang Pilkada Subang. Sekarang kami hanya menyampaikan hasil rekapitulasi Penghitungan Suara  paslon Bupati dan Wakil Bupati.

SedangkanPenetapan secara resmi Perolehan Suara Bupati dan Wakil Bupati  itu 3 hari setelah MK mencantumkan Permohonan  Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dalam Buku Registrasi Perkara ari pihak Mahkamah Konstitusi.


Selanjutnya menurut Ketua KPU Kab Subang, Maman Suparman tingkat partisipasi pemilih untuk Pilkada Gubernur sebesar 74,33 persen dan Pilkada Bupati 74,32 persen‎. (MDC/KPU Kab Subang)