Lomba Pidato Diapresiasi Kadis dan Siswa

Surel Cetak PDF

Lomba_Pidato_1.jpg

SUBANG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang “surprise” pada kemapuan pidato siswa-siswi yang mengikuti Lomba Pidato yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Subang. Menurut dia lomba ini sebagai gagasan yang cemerlang sebagai bentuk apresiasi kepada pemilih pemula. “(Kegiatan ini) jadi untuk apresiasi pemilih pemula terhadap pemilu. Menjadikan pemilu bukan semata memilih tetapi maknanya berekspresi dan mereka akan lebih berbicara dalam mengapresiasii pemilu,” ujarnya ditengah kegiatan lomba di STESA Subang, Jum’at (11/5/2018)

Lalu Suwarna mengusulkan supaya kegiatan seperti ini lebih disempurnakan karena manfaatnya cukup besar bagi ekspresi pelajar terhadap Pemilu.

“Saya justru menyarankan di Pileg dan Pilpres tetapi sekolah diberitahukan sebelumnya biar mereka mempersiapkan jauh-jauh sebelumnya,” imbuhnya.

Sementara itu Komisioner Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Subang, Suryaman terkesan dengan materi yang disampaikan oleh mereka yang sangat apresiatif terhadap Pilkada Serentak tahun 2018. Melihat antusias pemilih pemula dia optimis akan peningkatan partisipasi pemilih.

“Kami optimis 80% (partisipasi pemilih) bisa tercapai. Bila melihat dari materi yang mereka ambil, saya lihat mereka pemilih cerdas tidak materialistis. Pilihannya berdasarkan idealisme anak muda,” ungkapnya.

Tujuan kegiatan ini kata Suryaman untuk meraih anak muda diusia sekolah sebagai pemilih pemula. Dari data Ujian Nasional ada sekitar 15 ribu yang ikut tahun ini. Sebagai potensi pemilih anak muda untuk menentukan Subang lima tahun ke depan. “Kita harapkan pemilih pemula itu sebagai pemilih muda bisa mendorong dirinya sendiri atau teman-temannya dan tetangganya untuk memilih,” katanya.

Pada lomba Pidato ini melibatkan 52 orang yang mewakili masing-masing sekolah. Hasilnya keluar sebagai Juara Pertama atas nama Edwin Hengky Darmawan dari SMAN 2 Subang, Juara Kedua atas nama Febri Auliana dari SMAN 3 Subang dan Juara Ketiga atas nama Boby Maulana dari SMAN 1 Subang, Untuk Juara Harapan Pertama atas nama Della Puspita dari SMKN 1 Pusakanagara, Juara Harapan Kedua atas nama Widiana Nurjamilah dari SMAN 1 Cipeundeuy da Juara Harapan Ketiga atas nama Narida Amaliyah Putri dari SMAN Purwadadi.