Sosilisasi Pemilih Perempuan

Surel Cetak PDF

Sosialisasi Peran Pemilih Perempuan pada Pilkada 2018SUBANG - Bagi Ibu-Ibu yang punya anak yang telah memiliki hak pilih tetapi belum terdaftar segera mendaftarkannya sebelum menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Menurut Ketua Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Subang, Juju Juariyah kepedulian ibu-ibu selaku orang tua dipandang penting meningkatkan kesadaran pemilih khususnya dikalangan pemilih pemula.

Dia pun menyadari walaupun belum tercatat dalam e-KTP karena perlu proses, ‘kan sekarang ada Suket (Surat Keterangan). Apabila mengalami kesulitan. Kami dari organisasi perempuan siap membantu mendorong supaya ,” ungkapnya saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Pemilih Perempuan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Bupati dan Wakil Bupati Subang tahun 2018 di Gedung GOW Subang, Sabtu (14/4/2018).

Selanjutnya kata dia meningkatnya partisipasi pemilih dipandang penting karena akan meningkatkan kualitas hasil Pemilu.

Selanjutnya dalam sesi tanya jawab ada permasalahan menghadapi money politics atau politik uang yang sering dihadapi masyarakat. Manurut Juju menghadapi politics uang memang sullit. Perlu keberanian untuk menolaknya dan melaporkan apabila menemukannya. “Karena politik uang salah satu perilaku yang menciderai demokrasi,” katanya. Kemudian Juju menerangkan bahwa money politic memiliki macamnya. “(Money politics) bukan haya bagi-bagi uang. Tetapi bisa juga dalam bentuk barang,” jelasnya.

Juju berpesan supaya tidak memanfaatkan suasana pemilu dengan menerima money politics. “Money politics tetap tidak boleh walaupun untuk kepentingan umum sebaiknya tidak mengandalkan dari calon. Memang sangat sulit menghadapinya,” katanya lagi.
Narasumber lainnya Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Ibu Momoh dengan peserta dari Persit Kodim, Bhayangkari, PIA Lanud Suryadarma dan PIA Wingdik serta Paskhas.

Dipenghujung Acara Juju berpantun: “Ibu Juju icalan tutut Ibu Ida Icalan Es. Ibu-Ibu jangan Golput tanggal 27 Juni kita ke TPS,” pungkasnya.