Pendataan Harus Punya Nilai Tambah

Surel Cetak PDF


Peserta Bimtek PPDP KPU Kab SubangSUBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutahiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (
DPHP) Tahap II di Ciater Subang, Kamis (1/2/2018).

Menurut KPU Kab Subang, Maman Suparman Pendataannya berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian disusun per kecamatan kemudian direkap menjadi satu keutuhan di tingkat kabupaten. “Hasil dari pendataan harus terukur secara kuantitatif menjadi satu kesatuan yang utuh ditingkat kabupaten,” ujarnya.

Pendataan yang dilakukan untuk Usaha pendataan ini juga bisa bekerja sama dengan pihak Dinas Kependudukan apabila mereka ada program ke daerah. “Kita bisa mendampingi (Dinas Kependudukan) karena kita yang (lebih) permasalahannya (untuk membantu),” ujarnya lagi.

Selanjutnya kata Maman pendataan harus bisa mengupayakan dari warga yang sebelumnya tidak punya KTP elektronik menjadi punya KTP elektronik. “Supaya pendataan ini memiliki nilai lebih. Kalau tidak sampai begitu tentu tidak ada nilai tambahnya,” ujarnya lagi.

Apalagi bila terjadi sudah terdata tetapi tidak memiliki KTP elektronik. Jangan sampai sudah terdata dalam daftar pemilih, tetapi belum mempunyai KTP elektronik.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 1 sampai 2 Maret 2018. Diikuti oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Kab Subang.