Penyerahan APK dan Bahan Kampanye kepada Pasangan Calon

Surel Cetak PDF

Rapat Penyerahan APK dan Bahan KampanyeSUBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupatén Subang melakukan penyerahan tahap pertama alat peraga kampanye (APK) kepada Liaison Officer (LO) pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang.

Dalam pengantarnya Komisioner Divisi Logistik KPU Kab Subang, Hari Nazaruddin menyebutkan jumlah yang Logistik pada tahap pertama masing-masing Paslon menerima sebanyak 5 buah baliho dan 60 buah spanduk. 

"Untuk pengiriman berikutnya akan ada pemberitahuan lagi dari kami," ujarnya di Ruang PPID KPU Subang, Rabu Sore (21/2/2018).

Kemudian Hari menyebutkan bahwa sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 4 tahun 2017 tentang Kampanye APK setiap pasangan calon disediakan oleh KPU yaitu baliho sebanyak 5 buah spanduk 2 buah tiap desa dan umbul-umbul 10 buah tiap kecamatan. Selain APK dibuat Bahan Kampanye yang terdiri dari brosur, pamflet dan poster dengan jumlah total sebanyak 536.455 eksemplar.

"Apabila masih dianggap kurang, masing-masing Tim Sukses bisa membuat sendiri sesuai disain yang telah diserahkan kepada KPU," imbuhnya.
Mengenai jumlahnya, sambung Hari jumlah APK yang boleh dicetak sendiri sebanyak 150% dari jumlah yang disediakan oleh KPU.

Dalam penempatan APK pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menghimbau supaya menempatkan APK dengan benar. Dikatakan Divisi Hubungan antar Lembaga, Ujang Sopyan dia menegaskan bahwa Panwaslu tidak memiliki kewenangan untuk untuk menurunkan APK yang melanggar.

"Yang memiliki kewenangan menurunkan ialah Satpol PP," tegas Ujang.

Hal senada dikatakan oleh Kabagops Polres Subang, Kompol Kusno Diyantara, S. Pd, supaya menempatkan APK dengan benar dan tidak menempatkan diantaranya di tikungan jalan sampai mengganggu pandangan.

"Karena bisa membahayakan pengguna jalan yang berakibat pada kecelakaan," katanya.

Penyerahan langsung dilakukan oleh Hari kepada masing-masing LO tiap pasangan calon. (MDC/KPU Kab Subang)