Pastikan Kerja PPDP, KPU Kab Subang akan Lakukan Supervisi

Surel Cetak PDF

SUBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang akan melakukan monitoring pada kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Menurut Komisioner Divisi Data KPU Kab Subang, Suryaman pihaknya akan melakukan supervisi kepada PPDP di lapangan. Kegiatan supervisi akan dilakukan besok dengan tujuan untuk mengetahui jumlah data yang telah dimutakhirkan oleh PPDP. “Kami ingin tahu jumlah data pemilih yang telah di-coklit (oleh PPDP),” ujarnya di Kantor KPU, Kamis (1/2).

Selain itu, lanjut Suryaman supervisi juga untuk memastikan logistik yang diperlukan dalam keadaan lengkap dan tercukupi. “Apabila ada kekurangan kita akan segera memenuhinya,” imbuhnya.

Dia memberikan contoh kebutuhan stiker yang ditempel di rumah-rumah pemilih yang didata. Apabila kurang akan segera disediakan supaya PPDP bertugas dengan baik.

Lalu hasil pendataan harus dipastikan didokumentasi dan di-upload ke Sistem Infor Terpusat Geografic Information System (Sitagis). Disamping itu juga pihaknya ingin memastikan pekerjaan dan hasil kerjanya dilakukan secara bertanggung jawab.

“Kita juga ingin memastikan di lapangan tidak ada lagi PPDP fiktif,” katanya. Maksudnya ialah PPDP benar-benar mengerjakan tugasnya langsung tidak dilakukan oleh orang lain atau pihak lain.

PPDP dalam melakukan pemutakhiran data pemilih telah dilaksanakan sejak tanggal 20 Januari lalu sampai tanggal 18 Pebruari 2018 mendatang. (MDC/KPU Kab Subang)