Hadapi Pilkada Serentak, KPU Kabupaten Subang Siap Nginap di Kantor

Surel Cetak PDF

TIM KPU bversama Kapolres dan Perwakilan Paerati PolitikSUBANG – Menghadapi Jadwal Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang Tahun 2018 anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang akan menginap di kantor. Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Divisi Teknis, SDM dan Partipasi Masyarakat sdr Ahmad Koncara usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pendaftaran dan Simulasi Pendaftaran yang di selenggarakan pada tanggal 7 Januari 2018. Bertempat di Aula KPU Subang, Minggu (7/1/2018).

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan proses pendaftaran calon Kepala Daerah terlayani dengan baik. “Apalagi setelah keluarnya SE KPU Nomor 17/PL.03.2-SD/06/KPU/I/2018 Perihal Beberapa ketentuan Pencalonan Pemilihan Tahun 2018,” katanya kepada wartawan.

Rakor turut dihadiri oleh perwakilan partai politik dan penghubung atau liaison officer (LO).

Pada kesempatan Rakor Ahmad menghimbau dalam melaksanakan tahapan pendaftaran calon, yaitu dari tanggal 8 sampai 10 Januari 2018 – tim calon Kepala Daerah hendaknya melakukan konsolidasi politik pencalonan bersamaan dengan konsolidasi administrasi pencalonan. “Oleh karena itu kami himbau kepada parpol supaya melakukan pendaftaran diawal-awal waktu,” ujarnya lagi.

Sehingga partai politik bisa dan bakal calon dapat mempersiapkan diri dan menghitung segala kelengkapan kelengkapan dan kebutuhan pencalonan. Acara ini dilaksanakan untuk menyampaikan informasi teknis dan tahapan pencalonan syarat pencalonan dan syarat calon, point-point penting pada saat dan waktu pendaftaran dan menyampaikan simulasi untuk pendaftaran.

Dikatakan oleh dia ada 4 dokumen yang secara kumulatif harus diserahkan kepada KPU Subang, meliputi surat pencalonan, form keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP)  tentang persetujuan pasangan calon, surat pernyataan kesepakatan partai dalam pencalonan dan surat pernyataan kesepakatan antara partai dengan calon yang terangkum dalam From B. KWK,  B.1.KWK, B.2.KWK, B. 3.KWK,B.4.KWK.

”Ditambah BB.1.KWK BB. 2.KWK, BB. 3.KWK serta lampiran kelengkapan dokumen lainya,” ungkapnya.

Lanjut dia terkait bakal pasangan calon yang mendaftar oleh partai politik terkait statusnya akan ditentukan oleh tiga status, yaitu: pertama, diterima syaratnya. Maksudnya seluruh syarat pencalonan yang ada dan sah. Kedua, dikembalikan. “KPU (Kab Subang) akan mengembalikan dokumen pendaftaran apabila ada syarat pencalonan dan syarat calon belum terpenuhi dan masih ada cukup waktu pendaftaran,” jelasnya.

Lalu yang ketiga akan ditolak apabila terjadi kondisi apabila syarat pencalonan dan syarat calon belum terpenuhi dan dan tidak ada cukup waktu untuk mendaftar kembali. “ Bisa dipastikan akan di tolak (apabila tidak memenuhi syarat),” tegasnya.

KPU Subang juga menyampaikan Informasi Terkait SE KPU RI Nomor 17/PL.03.2-SD/06/KPU/I/2018 Tentang : Tentang Penjelasan Beberapa Ketentuan Pencalonan Pemilihan Tahun 2018.

Yang di dalamnya ada Panduan Teknis Pencalonan Pemilihan Serentak Tahun 2018 Seri Pendaftran Pasangan Calon.