Penandatanganan Kerja Sama antara KPU dan IDI Subang dalam Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Bupati

Surel Cetak PDF

Penadatanganan KPU dengan IDI Kabupaten SubangSUBANG – Hari ini, Selasa (2/1/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang melaksanakan penandatanganan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Subang dalam rangka untuk pemeriksaan pasangan bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang di Kantor KPU Subang.
Dikatakan Ketua KPU Kabupaten Subang, Maman Suparman penadatanganan ini menindaklanjuti pertemuan antara KPU Kabupaten Subang dengan Ikatan Dokter IDI Kabupaten Subang, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat dan Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) Jawa Barat 19 Desember 2017 lalu terkait pemeriksaan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati.
“Untuk perjanjian dengan IDI Kabupaten Subang kami melakukannya hari ini. Sedangkan dengan BNN dan Himpsi akan dilakukan besok di Bandung, “ ujarnya.
Penandatanganan dengan dilakukan oleh Sekretaris IDI Kabupaten Subang, dr. Syamsu Riza dengan disaksikan Ketua IDI Jawa Barat dan Panwas Kabupaten Subang.

Perjanjian Kerja Sama dibuat rangkap 4 dari KPU Kab Subang, IDI Kab Subang, BNN Provinsi Jawa Barat dan Himpsi Jawa Barat dengan nomor surat: 637/PL.03.2-NK/3213/Kab/XII/2017, IDI Nomor 249/IDIWIL/JAB/XII/2017, MoU/43/XII/2017/BNNP-JBR dan 221/12/HIMPSI-JABAR/II/17 tentang Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani dan Bebas Penyelahgunaan Narkotika serta Kemampuan Secara Jasmani dan Rohani dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Subang tahun 2018
Kemudian Maman menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan jasmani para bakal calon berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor 231 pemeriksaan harus dilakukan oleh Rumah Sakit tipe A.
“Sedangkan untuk rumah sakit tipe A di daerah belum ada. Baru ada di RS Hasan Sadikin. Kalau mengacu ke SK 231 mungkin kita akan bekerja sama dengan RSHS,” paparnya.
Penunjukan itu dilakukan oleh IDI, kemudian Rumah Sakit melalui SK membuat tim pemeriksa kesehatan pasangan bakal calon.