KIPP: Pelaksanaan Pemilu Indonesia Termasuk yang Terbaik di Dunia

Surel Cetak PDF

Pemaparan tentang Pemantau Pemilu oleh Sekretaris KIPP Kaka SumintaSUBANG – Pelaksanaan Pemilihan Umum di Indonesia merupakan yang terbaik diantara negara-negara demokrasi di duni. Menurut Sekretaris Komite Pemantau Pemilu (KIPP), Kakak Suminta pemilu dianggap jujur berintegritas dengan index demokrasi pada peringkat ke tujuh diantara negara-negara demokrasi diantara negara demokrasi lainnya.

Untuk meningkatkan kualitas demokrasi ini kata Kaka Indonesia memiliki modal besar dibandingkan negara lain.

“Dibandingkan China – misalnya, mereka tidak punya modal (tradisi) demokrasi dibandingkan kita (Indonesia),” ujarnya dalam Kegiatan Sosialisasi Kelompok Pemilih pada Pilkada Serentak tahun 2018 untuk Organisasi Kepemudaan, Sabtu (23/12/2017).

Kaka menyebutkan bahwa musuh dalam Pemilu khususnya Pemilu Kepala Derah ialah adanya pembangunan berskala besar di daerah. Ini akan diincar oleh para investor untukngijonnya dengan cara menyandera para calon Kepala Daerah. “Jadi dalam pilkada ini biasanya para calon tidak perlu memiliki biaya yang besar,” katanya.

Oleh karena itu kata dia lagi perlu ada pengawasan yang baik dalam penelenggaraan Pilkada. Supaya hasil pilkada benar0benar berpihak pada kepentingan masyarakat.

Pada pengawasan ini perlu ada peran penting dari pemuda sebagai generasi penerus.

Selanjutnya mengenai materi Pengawasan disampaikan oleh Komisioner Panwaslu Kabupaten Subang, Budi Santosa yang memaparkan tentang Panguatan Partisipasi Masyarakat dlaam Pemilu.

Kata Budi proses pengawasan yang dilakukah Panwas berdasarkan laporan dari masyarakat. Panwas sendiri membuka “pojok Pengawasan” di kantor Panwas. “Jadi silahkan sampaikan laporan (tentang pelanggaran Pemilu) kepada kami melalui Pojok Pengawasan,” ujarnya.

Sedangkan mengenai strategi pengawasan yang dilaksanakan oleh Panwas ialah dengan pengawasan/pencegaha, penindakan dan memutus sengketa proses, Panwas memiliki semboyan: “Bersama Rakyat Awasi Pemilu. Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu”.

Kegiatan ini dihadri oleh Organisasi Kepemudaan di Kabupaten Subang yaitu PMII, KNPI dan Ormas Kepemudaan lainnya.(MDC KPU Kab Subang)