KPU Kab Subang Siapkan Pemeriksaan Kesehatan Balon Bupati

Surel Cetak PDF

Rapat Koordinasi Persiapan Pemeriksaan Kesehatan Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang 2018SUBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pemeriksaan Kesehatan Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang 2018 di Ruang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) KPU Subang, Selasa (19/12/2017).

Menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat, dr. Eka Mulyana, Sp.OT, dalam pemeriksaan kesehatan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati akan menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani oleh dokter dari IDI, kesehatan rohani oleh psikolog yang dilaksanakan Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) dan pemeriksaan narkotika dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Selanjutnya dijelaskan oleh dr. Eka dalam peraturan KPU dijelaskan dalam pelaksanaan pemeriksaan harus bebas dari keterkaitan dengan para calon, baik hubungan keluarga, kerabat maupun hubungan profesional. Semisal dokter pribadi salah satu calon tidak bisa dimasukan dalam tim pemeriksa tes kesehatan.

Syarat lain tim pemeriksa ialah harus terdaftar sebagai anggota IDI, tidak boleh anggota partai, tenaga dokter harus memiliki dokuemen Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku, pengalaman untuk dokter umum minimal 5 tahun dan untuk dokter spesialis minimal 3 tahun dan mendapat penugasan dari IDI.

Pada rapat tersebut disampaikan mengenai estimasi waktu pemeriksaan yang akan menyesuaikan dengan masa pendaftaran Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang yang akan berlangsunng pada 8 – 10 Januari 2018.

Kemungkinan tes kesehatan pasangan bakal calon akan berlangsung mulai 11 – 15 Januari 2018.

Dikatakan dr. Eka yang juga Plt Direktur RSUD Subang menyebutkan bahwa untuk Tes Kesehatan Calon Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Subang akan meliputi 10 item pemeriksaan. “Itu semua sudah bisa dilakukan di RSUD Subang karena telah memiliki kelengkapan yang diperlukan dalam tes kesehatan,” jelasnya.

Apabila ada yang diperlukan lainnya bisa mendatangkan tenaga dokter dari luar daerah dan pemeriksaan tes kesehatan bisa dilakukan di RSUD Subang.

Selanjutnya kerja sama tersebut akan dituangkan dalam MoU atau Nota Kesepahaman pembentukan tim pemeriksa Kesehatan untuk Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang.

Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten  Subang, turut dihadiri oleh pihak terkait dengan kegiatan persiapan yaitu Plt Direktur RSUD Subang, dr. Eka Mulyana, Sp.OT, perwakilan Himpunan Psikolog Seluruh Indonesia (Himpsi), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), BNN Jawa Barat W. Sugiri. Serta dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Subang, Ujang Sopyan dan Budi Santosa. (MDC/KPU Kab Subang)