Dua Parpol Siap Diverifikasi Faktual

Surel Cetak PDF

Pengambilan NOmor Undian untuk VerifikatorSUBANG – Berdasarkan Pengumuman Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Nomor 768 tentang Penelitian Administrasi Keabsahan Partai Politik Perseta Pemilihan umum ada 12 partai politik yang melaju pada verifikasi faktual dan ada 2 partai politik yang dinyatakan tidak memenuhi syarat yaitu Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Dikatakan Komisioner Divisi Hukum KPU Kab Subang, Rokib El-Fariz dari 12 partai 10 parpol lama dan 2 parpol baru. Pada verifikasi faktual gelombang pertama akan dilakukan pada 2 partai politik yaitu Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Tadi Perindo dan PSI sudah mengambil nomor undian data awal untuk pencuplikan angka awal,” ujarnya menjelaskan, Jum’at (15/12/2017).

Nanti pada gelombang kedua berdasarkan hasil putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ada tiga atau dua partai di pusat

Verifikasi faktual akan dilaksanakan selama 20 hari yaitu dari tanggal 15 Desember 2017 sampai 4 Januari 2018. “Kita sedang memproses di Sipol nama-nama yang keluar di nomor undian kita persiapkan untuk kemudian akan diklasifikasi dari berbasis partai, lalu berbasis kecamatan kemudian berbasis desa. “Setelah diklasifikasikan kemudian kita siapkan nama-namanya kemudian hardcopy KTP/KTA-nya untuk diambil oleh tim verifikator,” jelasnya

Untuk persiapannya diperkirakan butuh waktu 1 - 2 hari. “Jadi kalau besok selesai kita bisa terjun ke lapangan,” imbuhnya.

Untuk verifikasi pihaknya akan menurunkan 6 verifikator dari hasil rekrutmen beberapa waktu lalu.

Pengambilan nomor dilakukan oleh perwakilan partai politik dan disaksikan komisioner dan perwakilan Panwas.