KPU Kab Subang Minta Pasangan Calon Segera Persiapkan Berkas

Surel Cetak PDF

SUBANG - Komisioner KPU Subang, Ahmad Koncara mengingatkan kepada partai politik (parpol) yang akan mencalonkan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati supaya segera mempersiapkan segala keperluannya. Khususnya yang mencalonkan dari petahana karena ada persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya kewajiban cuti dari jabatan selama masa pencalonan.

Ketentuan cuti pasangan calon Kepala Daerah, kata Bram – sapaan akrabnya, tertuangkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2017 pasal 4 point (r) yang menyebutkan setiap petahana yang akan mencalonkan kembali harus mengajukan cuti diluar tanggungan negara. Pengajuannya secara tertulis kepada lembaga yang  mengangkatnya. “Kalau bupati atau walikota hartus mengajukannya kepada Gubernur,” ujarnya, Jum’at (15/12/2017).

Mengenai pengajuan cuti yang diatur dalam peraturan tersebut selama masa kampanye dari tanggal 15 Pebruari sampai 23 Juni 2018 atau selama 129 hari. “Pengajuan cutinya  harus diserahkan pada saat pendaftaran yaitu dari tanggal 8 sampai 10 Januari 2018. Kalau tidak ada, KPU berwenang mencoret pasangan calon tersebut,” katanya.

Maka dari itu lanjutnya pihaknya mengingatkan dan menghimbau pada elemen partai politik untuk atau orang yang berniat membangun konsolidasi supaya mempersiapkan berkas-berkas persyaratan jauh-jauh hari. “Walapun nanti pada pendaftaran hari terakhir tanggal 10 (Januari 2018)  akan ditutup jam 12 tengah malam,” katanya.

Sebab dalam prosesnya akan melibatkan 10 instansi dan lembaga yang berkaitan dengan pendaftaran. Diantaranya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkaitan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Kepolisian, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Pengadilan, Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) dan Dinas Pendidikan.

“Jadi kita mengingatkan kepada partai politik yang akan mengajukan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk melakukan konsolidasi administrasi. Bukan saja konsolidasi politik tetapi konsolidasi administrasi juga harus dipersiapkan,” pungkasnya. (Media Centre KPU Kabupaten Subang)