Penandatangan MoU antara KPU Kabupaten Subang dengan Kejari Subang

Surel Cetak PDF

ttd-mouSUBANG – Terkait dengan proses Pemilihan Umum yang akan berlangsung di Kabupaten Subang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang menghendaki proses Pemilihan Umum (Pemilu) berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan perundangan.

Untuk itu kata Ketua KPU Subang, Maman Suparman berharap kepada Kejaksaan Negeri Subang (Kejari) Subang bisa memberikan pendampingan hukum, melayani konsultasi hukum dan bimbingan hukum terkait dengan proses Pilkada.

“KPU ingin diberikan bimbingan supervisi terkait urusan hukum sehingga pelaksanaan Pilkada berjalan sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Subang dengan Kejaksaan Negeri Subang di Hotel Grant, Senin (2/10).

Kerjasama yang akan dijalin ialah tentang penanganan masalah hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara. Kata Maman setalah ini akan ditindaklanjuti sesuai dengan tahapan Pilkada yang telah disusun.

Dalam sambutannya Kepala Kejari Subang, Yahya Candra Wello mengatakan pihaknya mengapresiasi upaya kerjasama karena menurutnya untuk mengawal pelaksanaan Pilkada yang santu, jujur dan adil.

“Nantinya (pada) kerjasama ini terkait dengan penegakkan hukum. Kejari (akan bertindak) sebagai Jaksa Pengacara Negara membuka pelayanan hukum, pendapat hukum, pertimbangan hukum dan lain-lain,” katanya.

Maka dari itu kata dia berpulang kepada KPU sebagai leading sectordalam memberikan informasi data yang akurat supaya ketika menghadapi maslaah bisa memberikan putusan yang tepat sasaran sesuai dengan permasalahan yang ada.

Kemudian kata Candra, dalam penanganannya akan terkait dengan Seksi Perdata Tata Usaha Negara (Datun).serahterima-mou

Pada kesempatan itu juga digelar Sosialisasi Tahapan Program Jadwal dan Jadwal Pemilu Tahun 2019, Pendaftaran Verifikasi serta Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2019. Kegiatan dihadiri oleh pimpinan partai politik di Kabupaten Subang.

Sementara itu menurut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Subang akan melakukan pengawasan secara melekat proses Pemilu di Subang. Menurut Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi Bawaslu Subang, Budi Santoso, pengawasan melekat yang dilakukan meliputi pada partai politik dan calon kepala daerah.

“Diantaranya partai politik yang ada apakah sudah terdaftar atau belum. Terkait pengurus-pengurusnya apakah sudah terdaftar atau belum?” ujarnya.

Kemudian pada keterwakilan perempuan dan pengurus sampai tingkat kecamatan. “Kan parpol itu untuk ikut Pemilu harus memiliki pengurus di kecamatan, kabupaten dan provinsi,” katanya lagi.