Jabar Siap Laksanakan Pilkada Serentak

Surel Cetak PDF
BANDUNG, (PRLM).- Provinsi Jawa Barat berada pada posisi siap serta menyambut baik proses Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada yang rencananya akan dilakukan serentak. Namun, menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Pilkada serentak tersebut harus berkualitas, serta berjalan secara efektif dan efisien.
 
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menuturkan, efektifitas serta efisiensi tersebut harus terlihat pada waktu penyelenggaraan yang dilakukan sekali atau dua kali dalam waktu tertentu, serta tepat sasaran.
 
"Melalui Pilkada serentak ini, aspirasi dan hak masyarakat dalam berdemokrasi harus tetap terpenuhi, serta keriuhan politik berlangsung dalam waktu bersamaan," ujarnya saat diwawancarai "PR" Online, Minggu (8/2/2015).
 
Heryawan menjelaskan bahwa tentu dalam konteks tersebut, dari hasil kajian pihaknya menyambut baik Pilkada langsung tapi efektif-efisien, dari sisi ketepatan sasaran tepat dan penyelenggaraan bisa efektif karena dari sisi waktu hanya sekali.
 
"Hanya sekali rombongan atau mungkin dua kali rombongan. Jadi ini sangat baik. Jawa Barat dalam posisi menyambut baik dan kemudian kita dengan KPU tentu bersama-sama siap melaksanakan Pilkada serentak tersebut," katanya.
 
Sementara itu, secara terpisah Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik mengatakan, KPU Pusat masih menunggu hasil revisi atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah yang tengah dilakukan DPR.
 
"Hasil revisi ini nantinya akan disesuaikan dengan aturan yang telah dibuat oleh KPU," ujarnya.
 
Namun kata Husni KPU tetap akan melakukan Pilkada serentak ini di seluruh Indonesia dengan memberikan kewenangan yang lebih kepada KPU Provinsi dan Kabupaten atau Kota. Untuk itu, KPU pun akan tetap melaksanakan tugasnya secara kolektif dengan KPU Provinsi ataupun Kabupaten atau Kota.
 
"Penyelenggara Pilkada dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 adalah KPU. Dan KPU akan bekerja secara kolektif dengan KPU Provinsi dan Kabupaten atau Kota. Sembari kami sekarang masih menanti terhadap revisi ini. Secara keseluruhan sama saja polanya pemilihan kepala daerah pada dua periode yang lalu dengan yang sekarang," kata Husni.
 
Husni juga memaparkan bahwa ada 204 daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerahnya secara serentak se-Indonesia. Jika dilakukan pada awal tahun 2016, di Jawa Barat sendiri ada 8 Kabupaten dan Kota yang akan melaksanakan Pilkada, yaitu, Kabupaten Bandung, Karawang, Pangandaran, Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, dan Indramayu, serta Kota Depok. (Mochamad Iqbal Maulud/A-88)***